Februari 17, 2012

Pengenalan Software RDBMS, Arsitektur Sistem Basis Data, dan Model Data

Jum'at, 17 Februari 2012

Hai sob, dalam postingan tugas saya kali ini, saya akan mempostingkan mengenai macam-macam software RDBMS berserta keuntungannya, arsitektur sistem basis data, dan model data.

1. Software DBMS

a. dBASE
DBASE adalah database engine klasik yang masih tetap diminati sebagai program untuk menyimpan data-data perusahaan sampai sekarang.Sebagai database engine, dBASE menjadi standar file database pada masa keemasan sistem operasi DOS. DBASE populer sejak dBASE II dan dBASE III diterima sebagai standar.

b.  IBM DB/2
Keuntungan DB/2: dapat dijalankan pada bermacam-macam platform, menunjang client/server platform, aplikasi multimedia, object oriented, dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar, memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.

c. Clipper
Clipper adalah bahasa pemprograman yang ditujukan pada pengolahan data.
Clipper dikenal pada dekade tahun 80-an sampai 90-an. Keuntungan Clipper adalah tidak memerlukan perangkat keras yang tinggi, tidak berbentuk grafis sehingga memudahkan dalam pencetakan melalui printer, dan mudah dalam pemasukan data.

d. FoxPro
Tahun 1984, fox software memperkenalkan foxbase untuk menyaingi dbase II. Foxbase hanya perangkat lunak kecil. Pada tahun 1989 foxbase berkembang menjadi foxpro dan memperkenalkan GUI.

e. MySQL
MySQL asoftware yang menggunakan standar SQL, yang bersifat multi-thread dan multi-use.
Kelebihan MySQL antara lain :
    a.Software sumber terbuka dibawah lisensi GPL.
    b. Free (bebas di download)
    c. Stabil dan tangguh
    d. Fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman
    e. Mampu menangani basis data dalam skala besar
    f.  Mempunyai beberapa lapis sistem keamanan seperti    
        subnetmask, host name, izin akses user serta sandi   
        terenkripsi
    g. Dukungan dari banyak komunitas dan kemudahan
        management data base serta mendukung transaksi.

f. Oracle
Kelebihan oracle :
  1. Dapat bekerja dilingkungan client/server
  2. Mampu menangani manajemen space dan basis data yang besar
  3. Mendukung akses data secara simultan
  4. Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
  5. Fleksibilitas yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan dan kondisi.
  6. Skalabilitas yaitu mengacu pada kemampuan untuk terus berkembang.
g. Microsoft SQL Server
Merupakan produk andalan microsoft untuk database server. Umum digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil hingga menengah, dan berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

h. FireBird
Kemampuan dari open source Firebird :
  1. Sebuah transaksi bisa di commit atau di rollback dengan mudah
  2. Menggunakan sintaks standard untuk menciptakan foreign key
  3. Menggunakan multi version concurrency system
  4. Bisa melakukan replikasi data dengan operasi insert, update atau delete ke dalam database
  5. Firebird support dengan multiple data file,
  6. Banyaknya fasilitas support dan maintenance karena banyaknya komunitas firebird.
2. Arsitektur Sistem Basis Data
Arsitektur system basis data memberikan kerangka kerja bagi pembangunan basis data. Dan terbagi atas tiga level yaitu :
  • Internal/Physical Level, berhubungan dengan bagaimana data disimpan secara fisik (physical storage). Merupakan level terendah untuk merepresentasikan basis data. Record disimpan dalam media penyimpanan dalam format byte. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Internal.
  • External /View Level, berhubungan dengan bagaimana data di representasikan dari sisi setiap pengguna dan merupakan level pengguna. Yang dimaksud dengan pengguna adalah programmer, end user atau DBA. Setiap user mempunyai ‘bahasa’ yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Conceptual/Logical Level, menghubungkan antara internal & external level. Conceptual level adalah sebuah representasi seluruh muatan informasi yang dikandung oleh basis data. 
Berikut adalah gambar tiga level arsitektur sistem basis data:



3. Model Data
  • Entity-relationship Model, E-R model didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari  sekumpulan objek, disebut entity (entitas) dan hubungan antar objek tersebut, disebut  relationship. Entity adalah objek di dunia yang bersifat unik. Setiap entitas mempunyai atribut yang membedakannya dengan entitas lainnya.
  • Object-Oriented Model, Model berorientasi objek berbasiskan kumpulan objek. Setiap objek berisi: nilai yang disimpan dalam variable instant, metoda, dan sending a message (sebuah objek dapat mengakses data sebuah objek  yang lain hanya dengan memanggil metode dari objek tersebut).
  • Model-model lojik berbasis record, Data yang disimpan menggambarkan beberapa aspek dari suatu organisasi. Model data, adalah himpunan deksripsi data level tinggi yang dikonstruksi untuk menyembunyikan beberapa detail dari penyimpanan level rendah. Terdapat beberapa model dalam kelompok ini, antara lain: model relasional (menggunakan kumpulan tabel-tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data-data tersebut. Setiap tabel terdiri atas kolom-kolom, dan setiap  kolom mempunyai nama yang unik), model jaringan (data dalam model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal),dan relasi antara data direpresentasikan oleh record & link), model hirarki (record-record diorganisasikan sebagai pohon).
    Berikut adalah contoh tabel database merk dan jenis handphone dengan ketentuan No(INT=2), Merk(CHAR=15), dan Jenis(CHAR=15) yang dibuat di MySQL.

     








    1 komentar:

    LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

    makasih
    power supply teknisi hp

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes