Februari 14, 2012

Alasan Kenapa Dokter Memakai Baju Hijau Pada Saat Operasi

Selasa, 14 Februari 2012


Hai sob, pada postingan kali ini saya akan men-share tentang alasan kenapa dokter bedah memakai baju warna hijau pada saat operasi. Inspirasi untuk nulis judul ini gue dapet pas gue lagi baca komik conan. Saking penasarannya akhirnya gua "tanya" aja ke adik google (kenapa adik? karna umur gua lebih tua dari dia hahahaha) jadi gini sob alasannya:

Pada awalnya baju dokter memang berwarna putih yang melambangkan kebersihan. Namun, seorang dokter berpengaruh menggantinya dengan warna hijau karena menurut dia warna hijau lebih nyaman di mata. Walaupu sulit dikonfirmasi mengapa warna hijau jadi populer karena alasan ini, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.

Menurut seorang ahli psikologi, melihat pada warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda bewarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.

Nah jika dokter terlalu sering melihat warna merah, maka yang terjadi adalah si dokter akan mengalami ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penlihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.

Oh iya sob, gue juga punya saran nih buat kalian-kalian yang suka main game, internetan atau melakukan hal-hal lain yang berhubungan dengan melihat monitor komputer dan nonton tv selama berjam-jam, gue saranin kalian untuk melihat tumbuhan hijau selama 10 menit selang interval 1 jam, ini akan berakibat bagus buat mata kalian sehingga mengurangi effek mata minus. Kalo mata kalian minus, kalian ga bisa liat yang jauh-jauh dan harus pake kaca mata, percaya deh sob, pakai kaca mata itu gak enak hehehe.

sumber : http://timetotalks.blogspot.com/2010…aju-hijau.html

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes